Pages

Rest in Peace Beloved Eyang Mpu

Inalillahi wa inalillahi raji'uun hari Kamis yg lalu, 13 Mei 2010, eyang Mpu (Dewo's Grand Ma) meninggal dunia di usianya yang ke 86 tahun. Sedih bgt pasti rasanya di tinggal satu2nya sesepuh, apalagi eyang Mpu pernah berpesan klo pengen dtg di acara nikahan kita berduaa, jadi makin sedih klo diinget2 pesan terakhirnya.
blogger-emoticon.blogspot.com

Sebenarnya sejak ultah mami (Dewo's Mom) tgl 8 Mei yg lalu, eyang Mpu udah nunjukin tanda-tanda. Makanya mami feeling pengen ngerayain acara ultahnya di Bandung, tempat eyang mpu tinggal. Awalnya sehat2 aja, masih bisa duduk dan ngobrol dengan Mamie, tapi pas siang hari nya, eyang langsung down, pas eyang down, kita sedang otw menuju ke Bandung utk acara ultah Mamie ini, sedangkan Mami udah dtg dari sehari sebelumnya utk siapin pesta. Pas kita dtg, bingung dunk knp pada nangis2, terutama Mamie, padahal ini harusnya hari bahagianya Mamie, tapi krn eyang Mpu down, mami pasti sedih.

Akhirnya kita rayain dengan seadanya, potong tumpeng, baca doa, dah akhirnya sibuk ke RS utk cari perlengkapan medis, karena eyang ga mau di rawat di RS. Dan Eyang sendiri yang bilang klo ini memang sudah waktunya. Eyang ternyata sudah 3 hari ga makan, dan pas kita impus, anehnya impusnya sudah ga bisa masuk lagi, badannya seperti menolak.

Ternyata setelah di selidiki2, eyang punya pegangan, konon orang jaman dahulu punya pegangan yg di wariskan turun temurun dari orang tuanya dahulu, biasanya gunanya macam2, supaya cantik, supaya pintar, ga di ganggu orang jahat, dll dll. Sedangkan yang ada di Eyang, katanya dikasih oleh ayahnya biar jadi pintar, daya ingat kuat, dan panjang umur, padahal eyang sendiri juga baru tau nya lewat mimpi klo ternyata eyang punya pegangan kaya gitu, pas di terawang sama orang pintar, akhirnya semua yang di bilang eyang mpu benar adanya.

Padahal eyang dah tersiksa bgt, ga tega liat eyang mpu kesakitan gitu, dewo dan keluarga jg nangis terus selama kita nungguin disana. Eyang malah minta segera di cabut pegangannya biar dia bisa pergi dengan tenang dan ga kesakitan. Semua keluarga jg sudah ikhlas klo memang eyang mesti pergi dalam waktu dekat, semua keluarga di kumpulin dan dikasih nasihat satu2 alias wejangan terakhir, dari mulai anak2nya sampe cicit2nya. Sedih bgt deh denger wejangan eyang waktu itu, kita semua nangis pas di kasih wejangan sama eyang.

Kurang lebih 4 hari, orang-orang pinter berusaha untuk ngeluarin pegangan yang ada di eyang, nah pas hari pertama dan kita masih disana, kita liat sendiri lho ada batu keluar dari perut eyang, subhanallah...ko bisa yah..awalnya kita ga percaya kaya gitu2, tapi setelah liat dengan mata kepala sendiri baru deh percaya yang kaya gitu2. Dan anehnya lagi, batunya itu seperti ga mau lepas dari eyang mpu, dah di ambil, trs tiba2 ilang, ternyata masuk lg ke dalam tubuh eyang mpu, hiii serem bgt deh.

Pas hari ke-4, akhirnya setelah kita sama2 berdoa, baca yasin dan doa2 utk eyang, dan juga di bantu orang pintar, akhirnya pegangan itu bisa di keluarkan jg, dan ga masuk2 lg k tubuh eyang. Pas keesokan harinya, jam 7.05 pagi hari, eyang menghembuskan nafas terakhirnyaa. Kita sedih sekaligus lega, karena Allah udah meringankan siksanya dan eyang meninggal dalam keadaan khusnul khatimah, seperti orang tidur gitu. Tapi sedih juga, karena sesepuh satu2nya sudah tiada, which means, dewo ga punya eyang/kakek nenek lg skrg.

Karena eyang ingin dimakamkan di tempat orang tuanya, di Pati Jawa Tengah, akhirnya jenazah eyang di bawa ke Jakarta dulu untuk di terbangkan ke Semarang dan akhirnya menuju Pati. Mi and Dewo, dan cucu2 lainnya ikut mengiringi jenazah eyang mpu menuju peristirahatan terakhir. Alhamdulillah perjalanannya lancar dan pemakamannya juga lancar.

Anyway, here's some picture pas saat pemakaman eyang.







Juru Kunci Makam Eyang



Makam Eyang ditaburi Bunga-bunga

Well, kita cuma bisa ngucapin : Selamat Jalan Eyang Mpu, May U rest in peace...Smoga semua amal ibadah eyang di terima yang kuasa dan di hapuskan segala dosa dan yang di tinggalkan di beri ketabahan, amieen....
blogger-emoticon.blogspot.com
0 Responses

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...